Nisahmad's Blog

Meniti Di Atas Kabut Cinta…Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda: "Sampaikan dariku meski hanya satu ayat …" (HR. Al-Bukhori, VI/3461)

Perhiasan Emas Bagi Wanita

Posted by nisahmad on October 9, 2009

Berikut tanya jawab dr salah satu majalah Salafy, yaitu As-Sunnah edisi 04/2007.

Pertanyaan:

Kami mohon penjelasannya mengenai hukum memakai perhiasan emas bagi wanita, apakah haram, makruh atau mubah. Syukran.

Jawaban:

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami nukilkan ringkasan perkataan Syaikh Bin Baz, sebagaimana terdapat dalam Fatawa Mar’ah Al-Muslimah sebagai berikut:

Dihalalkan bagi wanita untuk mengenakan emas, baik yang melingkar maupun tidak. Hal ini berdasarkan keumuman firman Allah Ta’ala (yang artinya):

Dan apakah patut (menjadi anak Allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan, sedang dia tidak tidak dapat memberi alasan yang terang dalam pertengkaran.” (Qs.Az-Zukhruf: 18)

Di dalam ayat tersebut Allah menyebutkan, bahwa mengenakan perhiasan termasuk ciri khas kaum wanita. Dan itu (bersifat) umum, mencakup emas dan lainnya.

Selain itu, juga berdasarkan riwayat yang dikeluarkan oleh Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa-I dengan sanad jayyid, dari Amirul Mukminin Ali bi Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shalallahu ‘alaihi wasalam pernah memungut kain sutera dan memegangnya dengan tangan kanannya, dan memegang emas dengan tangan kirinya, lalu bersabda:

Sesungguhnya dua hal ini haram bagi kalangan laki-laki umatku.”

Ibnu Majah menambahkan dalam riwayatnya: “Dan halal bagi kaum wanitanya.”

Atas dasar inilah, para ulama Salaf berpegangan. Dan tidak cuma satu ulama yang mengikuti Ijma’ tentang diperbolehkannya wanita memakai emas. Diantara mereka, Imam Nawawi rahimahullah berkata dalam Al-Majmu’ (4/442):

Diperbolehkan bagi wanita memakai sutera, dan menghiasi diri dengan perak dan emas berdasarkan ijma’ (ulama).” [1]

Footnote:

[1] Dikutip dari Fatawa Mar’ah Al-Muslimah, hal.453-457

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: